PERAN TRAVEL ORGANIZER DI KOTA MAKASSAR

Oleh : Valentino, Riska, Firman

            Industri pariwisata merupakan salah satu bagian yang menjadi pelengkap bagi pengembangan suatu destinasi pariwisata seperti travel, akomodasi, atraksi, transportasi dan organisasi pariwisata. Pembahasan kali ini tentang travel organizer, jenis-jenis travel serta bagaimana peran travel dalam pembangunan kepariwisataan di Indonesia, serta bagaimana cara memaksimalkan peran tersebut agar mampu bersaing dengan industri-industri pariwisata lainnya yang ada di Kota Makassar.

            Tour Operator adalah suatu perusahaan yang usaha kegiatannya merencanakan dan menyelenggarakan suatu perjalanan wisata. Adapun Tour Oparator yang ada di Makassar seperti: VIFA Holiday Jl. Gunung Latimojong 32, Caraka Travelindo Jl. Samalona No. 12, Anta Express Tour Jl. Irian 31, Explore Sulawesi Travel Rappokalling Timur Lr.2B / 13, Toraja Highland Tours & Travel Jl. Somba Opu No. 287, Nell Tours Jl. Cenderawasi V/103, HIMEJI Tours and Travel Service Jl. Abubakar Lambogo No.30, Wira Tours & Travel Jl. Gunung Lokon No 25, dan Suita Tour Jl. Sungai Saddang. Adapun Retail Travel Agent adalah perusahaan perjalanan yang menjual tour atau melakukan perantaraan perjalanan langsung kepada konsumen/wisatawan. Contohnya; mengurusi semua dokumen perjalanan penumpang atau wisatawan seperti passport, mengurusi pemenasan akomodasi seperti voucher hotel, dan menjual paket wisata yang dibuat biro perjalanan wisata, Conference organizers adalah kegiatan pertemuan yang memiliki skala besar contoh rapat kerja nasional yang dapat diselenggarakan di Celebes convention center yang di Makassar, Booking agencies adalah cara mudah untuk memesan tiket seperti tiket pesawat, kereta api, dan voucher hotel yang dapat kita akses melalui handphone kita sendiri, dan incentive travel organizers adalah suatu kegiatan perjalanan wisata yang diberikan kepada suatu kelompok / pekerja dari suatu organisasi / perusahaan dengan tujuan meningkatkan motivasi mereka dalam bekerja dan  sebagai penghargaan  kepada karyawan tersebut yang dianggap telah berjasa memajukan perusahaanya.

            Pariwisata merupakan industri perdagangan jasa yang memenuhi kebutuhan wisatawan dari negara asalnya ke daerah tujuan wisata hingga kembali ke negara asalnya yang melibatkan berbagai hal seperti transportasi, penginapan, restoran, pemandu wisata  dan lain-lain. Oleh karena itu, industri pariwisata berperan penting dalam pengembangan pariwisata salah satu industri pariwisata yang membantu dalam rangkaian perjalanan wisata yaitu  travel organizers sector yang sangat berperan bagi pengembangan pariwisata karena merupakan jembatan penghubung antara wisatawan dengan penyedia jasa akomodasi,  dan restoran.

            Travel dapat memberikan penerangan/ informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia perjalanan serta perjalanan wisata bagi orang-orang yang ingin melakukan perjalanan wisata. Travel berperan sebelum seseorang melakukan perjalanan seperti, melengkapi bermacam-macam informasi, pengurusan dokumen perjalanan, peraturan lalu lintas, pakaian & perlengkapan yang harus dibawa. Menyediakan tiket langganan dalam bermacam-macam bentuk transportasi yang diinginkan dan mengurus barang yang dibawa, memilih akomodasi yang baik sesuai dengan budget yang dimiliki bagi seseorang yang ingin melakukan perjalanan wisata.

            Jika sudah berada di daerah tujuan wisata  travel agent berperan memberikan informasi tentang lokasi hotel, kategori, kamar yang tersedia, room rate makanan dan minuman, membantu reservasi hotel menyediakan transportasi, mengatur perencanaan tour yang akan diselenggarakan serta mengunjungi beberapa daya tarik wisata inilah yang membantu dalam pengembangan pariwisata karena memudahkan wisatawan melakukan perjalanan wisata ke destinasi yang tidak diketahuinya dengan  menggunakan jasa travel  sebagai pemandunya karena  travel merupakan agen perjalan wisata yang menawarkan berbagai jenis pelayanan dan paket wisata domestik maupun internasional, mengemas berbagai paket perjalanan wisata dari daerah asal wisatawan ke daerah tujuan wisatawan sampai kembali lagi ke daerah asal wisatawan tersebut sehingga dapat memenuhi segala kebutuhan wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata.

            Maka dari itu untuk memaksimalkan peran travel organizer di kota Makassar, Dinas Pariwisata Kota Makassar harus lebih memperhatikan perusahaan-perusahaan travel yang ada di kota Makassar baik dari segi pembangunannya serta dari segi pemasarannya. Yang kedua, para pengusaha di bidang travel agent harus lebih gencar lagi dalam memaksimalkan penjualan atau lebih memaksimalkan lagi dalam memasarkan produk-produknya. Yang ketiga, setiap travel agent harus mulai melakukan kerja sama dengan investor-investor asing agar penjualan meningkat, bukan hanya dalam negri saja melainkan sampai ke mancanegara.  Setiap travel agent yang ada juga harus saling bekerjasama dalam membangun industri pariwisata yang ada di Makassar, bukan saling menjatuhkan satu dengan yang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s